.
.

Optimalisasi Lahan Dengan Tumpang Sari


Tumpangsari Pepaya California dan Kacang Tanah
Aktifitas tanam menanam secara filosofis tidak sekedar aktifitas biasa menanam dengan harapan akan dapat memetik hasilnya. Akan tetapi mindset menanam sudah saatnya dilandasi pemikiran mendalam lebih jauh menjaga bumi ini dari keberlangsungan.
Tapi secara pragmatis pasti tidak lepas dari pemikiran seberapa besar hasil yang akan kita dapatkan dalam jangka waktu tertentu. Sala  satunya dengan usaha pemanfaatan lahan secara maksimal.
Dalam pemanfaatan lahan secara maksimal ada beberapa point penting yang harus diperhatikan:
  • Kondisi lahan (jenis tanah, topografi dan iklim)

Kondisi lahan (jenis tanah , topografi dan iklim) akan mempengaruhi jenis tanaman apa yang cocok untuk  daerah tersebut. Anda bisa mencari informasi ini ke instansi terkait (balai penelitian klimatologi bogor) dan mengkonsultasikan peta kesesuaian lahan anda. Atau konsultasikan dengan ahlinya seperti ghaliafarmindo agribusness cunsultant
  • Pemilihan beberapa tanaman yang akan ditanam

Pilih tanaman  yang sesuai untuk peta kesesuaian lahan anda. buat sekala prioritas dari tanama yang paling prospektif dan profitable. List tersebut dipilih untuk bisa dipadukan. tanaman yang mempunyai waktu tahunan sebaiknya di kombinasikan dengan tanaman musiman. pemilihan juga memperhatikan iklim saat itu.
  • Penentuan jarak tanam

Jenis tanman yang akan di tanam akan mempegngaruhi jarak tanaman yang kita buat. misal tumpang sari pepaya dan kacang tanah. Jarak tanam ideal antar lorong 2-3 m. Lorong tersebutlah yang kita manfaatkan untuk kacang tanah ketika tanaman pepaya baru berumur 1 sd 6 bulan (kacang tanah dua kali panen). Tanaman antara bisa juga tanman yang memiliki nilai lebih tinggi seperti jahe. Kombinasi ini bisa didapatkan di daerah petani pepaya dan jahe di Kec. Nagrak Sukabumi.
  • Penentuan siklus penanaman

Penentuan siklus tanaman sangatlah penting untuk menjaga struktur tanah tetap baik sehingga tanaman yangng kita tanam tumbuh subur dan produktif. Kami menyarankan untuk tanaman sela pertama kali ditanam kacang-kacangan seperti kacang tanah, beengkoang, koro, dll sehingga kandungan N dalam  suku legum yang diikat sangat bermanfaat untuk tanaman besar n tanaman sela selanjutnya.
  • Penanaman dan pemeliharaan

Lakukan pemeliharaan dengan pemberian nutrisi yang cukup dengan pemupukan , penyiangan dan pengairan air. Amati dan cegah serangan hama, penyakit dan keamanan lingkungan dari pengganggu. Tanam an sela tidak sampai booming dan terlalu lebat sehingga merusak tanaman pokok.

Tips tersebut tentunya harus dikombinasikan dengan kemampuan intiutis anda dalam berbisnis. Disinilah ketajaman anda diuji apakah kita akan menghasilkan tanaman yang benilai rupiah tinggi atau tidak. yang terpenting jangan menyerah pada kegagan, berusaha terus pasti akan meraih kesuksesan. (sujianto/ Owner of www.ghaliafarmindo.com)

KONSULTASI GRATIS PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS TERPADU

Phone: 082112226183

0 comentar :

Post a Comment